Sabtu, 18 April 2009

Perang browser

browser, tentunya orang yang membaca posting'an saya kali ini mengetahui apa itu browser dan kegunaannya.. browser merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk browsing, itu mungkin definisi umumnya.
saat-saat ini kuantitas browser semakin membludak saja, mulai dari IE milik microsoft, atau mozilla milik linux, safari, opera, google chrome, spacetime 3d dan lain sebagainya. tentunya dengan membludaknya kuantitas browser ini, kualitasnya pun harus bertambah pula, bila ada browser yang kualitasnya segitu-gitu saja, atau bahkan di bawah SKBM tentu ia akan ditinggalkan oleh penggunanya.

berikut adalah perbandingan browser-browser dari sudut pandang penulis yang merupakan pemerhati IT amatir..

1. IE
browser bawaan windows, terkadang sudah jarang digunakan karena dianggap kalah bersaing dengan browser lainnya, 1 yang penulis kurang sukai dari IE adalah karena microsoft tidak mengijinkan software bawaan ini untuk di-uninstall, IE tidak akan terdeteksi oleh software uninstaller macam REVO dan kawan-kawannya, namun rumor yang beredar menyatakan bahwa pada windows 7 yang akan keluar nanti IE bisa di-uninstall.

2. Mozilla firefox
mungkin inilah browser paling populer saat ini, user interface yang bagus disertai kestabilan yang cukup bagus pula membuatnya browser ini sering digunakan, keberadaan add-ons (plugins) yang cukup lengkap dan sifatnya yang open source atau bisa dikembangkan oleh siapa saja menjadi nilai tambah browser yang 1 ini, kekurangannya mungkin adalah karena browser ini memakan RAM yang cukup besar.

3. Opera
sebenarnya opera lebih dikenal sebagai browser pada mobile, namun versi komputernya pun cukup bagus, untuk soal kecepatan opera bisa dibilang lebih cepat dari mozilla, browser ini pun memiliki theme yang bisa membuat penggunanya tidak bosan. untuk soal pemakaian RAM pun opera termasuk yang paling hemat jika dibandingkan dengan mozilla dan IE, namun soal plugins opera masih kalah dengan mozilla, dalam kestabilan pun opera kalah dengan mozilla, karena terkadang apabila kita membuka banyak Tab opera sering crash atau populernya "not responding".

4. Google chrome
browser ciptaan search engine google ini memiliki kelebihan dalam hal keamanan, google chrome merupakan browser yang paling sulit dicari celah keamanannya, setidaknya itulah hasil penelitian para peneliti IT beberapa minggu lalu, sedangkan dalam soal kecepatan browser ini masih kalah dari opera dan mozilla.

5. Safari
browser ini merupakan pemenang dalam lomba "browser dengan keamanan terburuk", hanya butuh 10 menit untuk menemukan celah keamanan pada browser ini.

hendak berselancar ria di dunia maya dengan nyaman, gunakan browser yang sesuai dengan kebutuhan anda!!
^^

1 komentar: