Sabtu, 18 April 2009

VIsta .Vs. Xp

Tulisan ini dibuat oleh seorang pengamat IT amatir yang mempunyai pengalaman ber-dual boot ria dengan 2 OS ciptaan Microsoft itu.
Angga maulana ibrahim.

ada yang bilang Vista tuh produk gagal, tapi nyatanya saya tak pernah mengalami gangguan dalam menggunakannya.
ada yang bilang XP tuh lebih stabil, nyatanya Xp saya juga sering crash.

berikut saya paparkan kelebihan dan kekurangan 2 OS tersebut selama saya menggunakannya

Keamanan
untuk yang 1 ini bisa dibilang vista menang telak, keberadaan windows defender, UAC, dan parental control membuat vista lebih kuat dibandingkan dengan saudara tuanya. pada beberapa kejadian ada pula Virus yang merajalela di Xp namun tidak bisa berkutik ketika berkunjung ke Vista

Kecepatan
pada prosuk microsoft lainnya, ketika naik 1 tingkat, maka kecepetannya pun akan meningkat, bagi yang telah berpengalaman tentunya sudah mengetahui betapa cepat Booting pada Xp bila dibandingkan dengan sesepuhnya seperti windows 2000 atau windows millenium, namun hal ini tidak terjadi pada Vista, ketika naik dari Xp menjadi Vista maka yang terjadi adalah kecepatan menurun, baik dalam hal booting, maupun operasionalnya, atau bisa dibilang "LoLa".

Tampilan
sekali lagi Vista menunjukkan bahwa dirinya bukan merupakan produk gagal, sidebar, Flip 3d, dan aero themes menjadi bukti bahwa mereka tak akan tertandingi oleh Xp yang hanya mengandalkan Luna themes, namun sayangnya semua ini memerlukan pengorbanan berupa penggunaan RAM yang tidak sedikit, RAm sebesar 512 pun bisa dibilang masih ngos-ngosan untuk meladeni tampilan Vista yang elegan.

Daya tahan
yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan 'batere', untuk menghemat batere baik vista maupun Xp (service pack 3) telah mempunyai fitur hibernate yang bisa menghemat batere jauh lebih awet bila dibandingkan dengan fitur stand by, terdapat 1 bug (mungkin..) pada fitur hibernate Xp, yaitu pada saat kembali ke keadaan normal bisa men-disable fungsi Modem yang digunakan untuk berselancar ria di dunia maya.

software compatible
untuk yang 1 ini rasanya Xp yang lebih dulu lahir pantas tersenyum bangga melihat lebih banyaknya software yang compatible dengan dirinya bila dibandingkan dengan adiknya vista.

mungkin cuman ini yang dapat saya tulis pada Postingan kali ini, tentunya saya akan terus memperhatikan apa saja perubahan yang terjadi pada kedua OS ini..
salam tekhnologi.
bye!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar